USU Experience and Program

UMM USU telah menerbitkan buku berjudul: Implementation of Quality Assurance for Higher Education - USU Experience and Program. Bagi yang berminat membacanya silakan download link di bawah ini. Sehubungan dengan itu, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, telah memberikan apresiasi atas terbitnya buku tersebut, seperti terlampir di bawah ini.

Cover Download (pdf) | Content Download (pdf) | Surat Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Download (pdf)

USU Terima Penghargaan

USU Terima Penghargaan Sistem Penjaminan Mutu Internal

Tentang Web Ini

Tentang Web Ini Web ini berisi beberapa Sistem Informasi untuk mengelola Penjaminan Mutu Universitas Sumatera Utara. Personalia GJM/GKM dapat menggunakannya setelah Login

Latar Belakang

Dalam upaya melaksanakan kebijakan normatif Senat Akademik USU, serta Kebijakan Umum Pengembangan USU dari Majelis Wali Amanat, Pimpinan USU melaksanakan kebijakan operasional yang pada dasarnya melaksanakan suatu transformasi kelembagaan guna meningkatkan kemampuan institusi untuk menjawab tantangan yang berkembang di masyarakat secara tepat dan cepat. Transformasi kelembagaan diarahkan untuk mewujudkan academic excellence, kesejahteraan, dan kepeloporan dalam masyarakat. Selain itu, penyempurnaan kelembagaan dengan tujuan utama untuk menjamin tercapainya sasaran-sasaran yang telah digariskan, melalui penerapan prinsip-prinsip good corporate governance. Proses peralihan ini dilaksanakan melalui proses transisi secara baik dan benar, yang dilandasi dengan kesadaran kehidupan berkomunitas yang kuat, dan dengan upaya yang berkelanjutan untuk menyelaraskan aspirasi tentang masa depan. Sehingga, berbagai hambatan dalam proses transformasi kelembagaan ini diharapkan dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Secara singkat, Pimpinan USU telah melaksanakan upaya-upaya untuk menumbuhkan organisasi yang sehat, berdasarkan kebijakan normatif serta kebijakan umum pengembangan USU, seperti yang didefinisikan DIKTI dalam Higher Education Long Term-Strategy (HELTS) 2003-2010 (a healthy organization is characterized by its ability to flourish academic freedom, highly value innovation and creativity. empower individuals to share knowledge and work), agar kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat terlaksana dengan baik, sesuai dengan harapan. Berdasarkan kebijakan normatif yang telah diturunkan oleh Senat Akademik USU, serta Kebijakan Umum Majelis Wali Amanat, serta kebijakan operasional Pimpinan USU, semuanya searah dengan strategi jangka panjang pengembangan universitas yang telah digariskan oleh Dirjen DIKTI, yang menekankan pentingnya otonomi institusi yang berlandaskan kepada akuntabilitas, evaluasi, dan akreditasi serta bermuara pada tujuan akhir peningkatan kualitas secara berkelanjutan, untuk menghasilkan lulusan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan tata nilai seperti yang diharapkan stakeholders, serta memperoleh akreditasi secara internasional, dengan landasan operasional suatu organisasi yang sehat. Dengan demikian, untuk menjamin terlaksananya kebijakan normatif dan kebijakan umum pengembangan USU tersebut perlu disusun program Sistem Manajemen Mutu (SMM) USU yang memberikan Penjaminan Mutu (Quality Assurance) dan Pengendalian Mutu (Quality Control), yang akan menjadi rambu-rambu operasional bagi seluruh sivitas akademika USU dalam melaksanakan tugasnya.

Mutu Pendidikan di USU bersifat proaktif dalam arti bahwa lulusan USU mampu secara terus-menerus menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta realitas sosial-budaya yang terus berkembang secara dinamis. Mutu pendidikan di USU juga mencakup aspek pelayanan administratif, sarana, prasarana, organisasi dan manajemen yang dapat memenuhi harapan sivitas akademika dan masyarakat (baik orang tua mahasiswa, pengguna lulusan, maupun masyarakat luas).

Sistem penjaminan mutu akademik di USU dirancang dan dilaksanakan untuk dapat menjamin mutu gelar akademik yang diberikan. Hal ini berarti bahwa sistem penjaminan mutu harus dapat menjamin bahwa lulusan akan memiliki kompetensi yang ditetapkan dalam Spesifikasi Program Studi. Dengan demikian universitas juga menjamin mahasiswa akan memperoleh pengalaman belajar seperti yang dijanjikan di dalam spesifikasi departemen/program studi.

Berita Terkini dan Kegiatan

Jadwal Presentasi Rapat Tinjauan Manajemen SPMI Siklus 6 Tahun 2013

27-01-2014 0:37:46
news
Jadwal Presentasi Rapat Tinjauan Manajemen SPMI Siklus 6 Tahun 2013
Selasa, 28 Januari 2013
8.30 - 10.30
GJM Fak Kedokteran (FK)
GJM Fak Kedokteran Gigi (FKG)
GJM Fak Teknik (FT)
GJM Fak Pertanian
10.30 - 12.00
GJM FMIPA
GJM Fak Farmasi (FF)
GJM Fak Psikologi (FPsi)
GJM Fasilkom-TI

Kamis 30 Januari 2014
8.30 - 10.30
GJM Fak Hukum (FH)
GJM Fak Ilmu Budaya (FIB)
GJM Fak Ekonomi (FE)
GJM FISIP
10.30 - 12.00
GJM Fak Keperawatan (FKEP)
GJM Fak Kesehatan Masyarakat (FKM)
GJM Sekolah Pascasarjana (SPs)
GJM Biro Akademik (BA)

Formulir Minutes of Meeting (MoM) Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dapat di download di bagian DOWNLOAD FILE UMM

Jadwal Presentasi Rapat Tinjauan Manajemen SPMI Siklus 6 Tahun 2013

26-01-2014 22:39:58
news
Jadwal Presentasi Rapat Tinjauan Manajemen SPMI Siklus 6 Tahun 2013

Selasa, 28 Januari 2013
8.30 - 10.30
GJM Fak Kedokteran (FK)
GJM Fak Kedokteran Gigi (FKG)
GJM Fak Teknik (FT)
GJM Fak Pertanian
10.30 - 12.00
GJM FMIPA
GJM Fak Farmasi (FF)
GJM Fak Psikologi (FPsi)
GJM Fasilkom-TI

Kamis 30 Januari 2014
8.30 - 10.30
GJM Fak Hukum (FH)
GJM Fak Ilmu Budaya (FIB)
GJM Fak Ekonomi (FE)
GJM FISIP
10.30 - 12.00
GJM Fak Keperawatan (FKEP)
GJM Fak Kesehatan Masyarakat (FKM)
GJM Sekolah Pascasarjana (SPs)
GJM Biro Akademik (BA)

Persiapan Pelaksanaan AMI SMM USU Siklus-6 Tahun 2013

24-08-2013 13:18:30
news
22 Agustus 2013

Nomor: 6519/UN5.1.R1/SJM/2013
Hal : Persiapan Pelaksanaan AMI SMM USU Siklus-6 Tahun 2013


Kepada Yth.:
Bapak/Ibu Para Penanggung Jawab/Ketua:
1. GJM dan GKM AKADEMIK (Fakultas, Sekolah Pascasarjana)
2. GJM dan GKM NON-AKADEMIK (LP3M, PSI, SE, BA, BKEU, BSDM, BKK, BPKS, dan BPPA)
di –
Tempat



Dengan hormat, kami beritahukan sesuai dengan SK Rektor USU Nomor: 323/UN5.IR/SK/SDM/2013 bahwa kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) Sistem Manajemen Mutu USU Siklus-6 Tahun 2013 di seluruh unit GJM dan GKM (Akademik/Non-Akademik) se-USU akan dilaksanakan mulai akhir September s/d Nopember 2013 dengan melibatkan tenaga Auditor lebih kurang 60 orang.

Sehubungan dengan kegiatan audit mutu tersebut, kami mintakan kepada Saudara pengelola GJM dan GKM Akademik dan Non-Akademik di lingkungan USU untuk mempersiapkan :

1. Dokumen SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal): Dokumen Akademik (DA), Dokumen Mutu (DM), dan Dokumen Pendukung lainnya, yang dimiliki GJM/GKM sesuai dengan standar yang telah ditetapkan SPMI USU, yaitu :
a. Dokumen SPMI untuk GJM:
- DA: Kebijakan Akademik (KA); Standar Akademik (SA); dan Peraturan Akademik (PA).
- DM: Manual Mutu (MM) + 21 Manual Prosedur (MP) wajib yang dimiliki oleh setiap GJM.
b. Dokumen SPMI untuk GKM :
- DA: KA; SA; PA; Spesifikasi PS; Kurikulum, Kompetensi Lulusan; Peta Kurikulum; dan GBPP/SAP.
- Dokumen Mutu : Manual Mutu + 21 MP wajib yang dimiliki oleh setiap GKM.
c. Dokumen SPMI dimaksud dipersiapkan dalam bentuk :
Hard-Copy yang tersedia di masing-masing unit GJM dan GKM dan Soft-copy (e-Document) yang di-upload pengelola GJM dan GKM ke menu sistem “Kirim File” pada Dashboard pengelola di laman website UMM USU. Batas up-load paling lambat: Sabtu/07 September 2013; Jam: 24.00 wib.

2. Isian dan Dokumen Pendukung hasil Pemetaan Standar 3 - Sumber Daya Manusia dan Standar 10 - Penelitian, Publikasi, Karya inovatif lainnya, dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk hard-copy.


Perlu kami beritahukan bahwa :
a. Bagi GJM dan GKM yang tidak memiliki Dokumen SPMI yang lengkap dan ter-update/terbaru sebagaimana yang ditetapkan oleh SPMI USU, tidak akan divisitasi dan tidak diikutsertakan dalam Audit Lanjutan (Audit Kepatuhan dan audit lainnya). GJM dan GKM tersebut wajib melengkapi Dokumen SPMI.
b. Pengelola GJM dan GKM dapat meminta UMM USU untuk melaksanakan Audit Lanjutan jika GJM dan GKM sudah melengkapi Dokumen SPMI dimaksud.

Demikian disampaikan, kesiapan Saudara untuk mengikuti audit SPMI GJM dan GKM Siklus-6 ini sangat kami hargai.
Atas perhatian dan kerja sama yang baik diucapkan terima kasih.



a.n. R e k t o r,
Pembantu Rektor I,

d.t.o

Prof. Ir. Zulkifli Nasution, M.Sc., Ph.D
NIP. 195908151986011002

Tembusan:
1. Rektor sebagai laporan
2. Direktur UMM
3. Para Manajer Standar dan Manajer Monitoring Implementasi GJM/GKM
4. Arsip

Pengumuman

Pengumuman 1

Batas waktu pengunggahan file Borang EMI oleh masing-masing GKM S1 dan DIII USU diperpanjang hingga SABTU, 7 JUNI 2014, pukul 00.00 WIB. Perpanjangan waktu ini dikarenakan adanya masalah teknis pada server USU.

Pengumuman 2

Pengunggahan file Borang EMI oleh masing-masing GKM S1 dan DIII USU dilakukan dengan cara log in dengan akun masing-masing personalia pelaksana melalui menu \'Aplikasi EMI\' di sebelah kiri menu dashboard

Pengumuman 3

Jadwal Workshop Pengembangan Web UMM untuk Online EMI KEMDIKBUD Siklus 7 tahun 2014 dilaksanakan tanggal 7 dan 8 Mei 2014, Pembagian Gelombang dan jadwal akan diberitahukan melalui undangan email dan surat ke masing-masing GKM S1 dan DIII USU

Pengumuman 4

Jadwal Presentasi Rapat Tinjauan Manajemen SPMI Siklus 6 Tahun 2013 Selasa, 28 Januari 2013 dan Kamis 30 Januari 2014

Pengumuman 5

18 s/d 30 NOP.2013: AUDITOR menyiapkan Usulan Tindakan Koreksi (UTiKor) dan Laporan AMI Siklus-6

Pengumuman 6

04 NOP. s/d 16 NOP.2013: AUDITOR Mutu Internal AMI Siklus-6 melaksanakan AUDIT KESESUAIAN-II (Visitasi/Kunjungan Penutup) ke GJM/GKM (AUDITEE)

Pengumuman 7

21 OKT s/d 02 NOP.2013: AUDITOR Mutu Internal AMI Siklus-6 melaksanakan AUDIT KESESUAIAN-I (Visitasi/Kunjungan Pendahuluan) ke GJM/GKM (AUDITEE)

Pengumuman 8

07 OKT. s/d 19 OKT.2013: AUDITOR Mutu Internal AMI Siklus-6 melaksanakan AUDIT SISTEM

Pengumuman 9

Jum\'at, 04 OKT.2013: Briefing (Pengarahan) Auditor Mutu Internal SMM USU dalam rangka AMI Siklus-6 Thn.2013

Pengumuman 10

13 s/d 21 SEPT. 2013: Visitasi Tim UMM USU ke GJM dan GKM se-USU dalam rangka Tugas GJM dan GKM Siklus-6 Thn. 2013 (Sept. s/d Des. 2013)

Pengumuman 11

Sabtu, 07 Sept. 2013 (Pkl.: 24.00 WIB): Batas Waktu up-load e-Doc. SPMI GJM dan GKM Akademik dan Non-Akademik SMM USU Siklus-6 Thn.2013 (Persiapan Pelaksanaan AMI Siklus-6)

Pengumuman 12

26 Juli 2013: Kegiatan Capacity Building dan Supervisi/Bimtek Pemetaan Mutu PT Non-LPTK dari BPSDMPK-PMP, KEMDIKBUD

Pengumuman 13

24 Juli 2013: Pertemuan Tim UMM USU dengan Para Ketua GJM Non-Akademik dlm rangka Pengembangan & Sinkronisasi Instrumen Pemetaan Standar Mutu Non-Akademik

Pengumuman 14

04 s/d 13 Juli 2013: Submit Online Assessment Pemetaan Standar-3 dan Standar-10 oleh Manajer Assessment

Pengumuman 15

24 s/d 29 Juni 2013: Submit Online (SUSULAN) Instrumen Pemetaan Standar-3 dan 10 bagi 35 GKM Akademik yang BELUM men-submit online

Pengumuman 16

Submit (Upload) e-Document SPMI GJM dan GKM se-USU paling lambat s.d. Akhir Juni 2013 (Persiapan AMI Siklus-6)

Pengumuman 17

15 Mei s/d 15 Juni 2013: Pengisian/Submit ONLINE instrumen pemetaan standar-3 dan standar-10

Pengumuman 18

11 s/d 20 MARET 2013: Visitasi Tim UMM USU ke GJM dan GKM se-USU dalam rangka Program Kerja dan Tugas pengelola GJM dan GKM pada SMM USU Siklus-6 Thn. 2013

Pengumuman 19

"The Quality of education will not be met until a quality culture is developed". [William Taylor, Council for the Accreditation of Teacher Education in the UK University Affairs, 1993]