Mendukung Internasionalisasi USU sesuai Renstra, UMM Menyelenggarakan Workshop Online Implementasi SPMI USU Siklus 13 Tahun 2020

MEDAN. UMMUSU – Unit Manajemen Mutu USU melaksanakan kegiatan “Workshop Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Sumatera Utara Siklus 13 Tahun 2020 secara daring (online), 29 Juni  – 2 Juli 2020.

Dalam rangka Internasionalisasi USU, sebagai salah satu indikator pencapain Visi dan Misi USU, Unit Manajemen Mutu USU di bawah koordinasi Wakil Rektor I USU, Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kealumnian menyelenggarakan Workshop Implementasi SPMI yang ditujukan kepada Dekan/Direktur SPs, Wakil Dekan I, II, III/ Wakil Direktur I dan II SPs, Ketua Program Studi D3, S1, S2, Profesi, S3, Ketua dan Anggota (GJM) dan (GKM) Akademik se Lingkungan USU Siklus 13 Tahun 2020.

Workshop ini dilakukan dalam 2 (dua) gelombang yaitu gelombang 1 dilakukan pada tanggal 29 dan 30 Juni 2020, sedangkan gelombang 2 dilakukan pada tanggal 1 dan 2 Juli 2020 dengan menggunakan aplikasi Zoom dari pukul 08.00 wib s.d 15.15 WIB.

Foto (screenshot): Ketua Unit Manajemen Mutu, mewakili Wakil Rektor 1 USU, memberikan pengarahan secara daring pada gelombang 2 pada hari  Rabu, 1 Juli 2020 kegiatan Workshop Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Sumatera Utara Siklus 13 Tahun 2020.

Ketua Unit Manajemen Mutu USU, Dr.-Ing.Ir. Ikhwansyah Isranuri, atas nama Wakil Rektor 1 menyampaikan kata sambutan dan pesan Wakil Rektor 1 serta sekaligus membuka kegiatan workshop ini secara resmi. Dalam pesan arahannya, Wakil Rekor I USU  menyampaikan bahwa dalam kondisi Pandemik Covid 19 sekarang ini, hal-hal yang berkaitan dengan upaya kita untuk tetap meningkatkan mutu, pelayanan dan capaian akademik dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat akan terus kita upayakan tetap berjalan dengan mengutamakan dan mengikuti secara ketat protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Pendekatan secara daring ini merupakan salah satu alternatif yang bisa kita optimalkan untuk terus berbuat dalam membangun dan menghasilkan budaya mutu bagi civitas akademik USU untuk mampu berprestasi dalam peringkat internasional, disamping memberikan kontribusi bagi capaian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu yang menjadi fokus capaian mutu yang ingin diperoleh yaitu agar setiap unsur pimpinan fakultas sebagai unit pengelola program studi (UPSS) dan personalia Gugus Jaminan Mutu (GJM) pada Fakultas serta Gugus Kendali Mutu (GKM) pada prodi yang ada dilingkungan USU dapat memahami dan menjalankan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) USU sebagai bentuk Implementasai Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti) sesuai UU No 12 Tahun 2012 pasal 51 s.d 53 secara sistematik, berjenjang, dan terintegrasi di unit masing-masing.

Foto (screenshot): Materi seluruh Narasumber pada Workshop Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Sumatera Utara Siklus 13 Tahun 2020” (01/07/2020)

Workshop Implementasi SPMI ini menghadirkan 5 (lima) Narasumber, yaitu (1) Dr.-Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri, selaku Ketua UMM USU, dengan judul materi “Overview SPMI USU dengan PPEPP Sinkronisasi dengan SPME 9 Kriteria dan Akreditasi Internasional”; (2) Farida Linda Sari Siregar, S.Kep., Ns., M.Kep., selaku Sekretaris UMM USU, dengan judul “Revisi Dokumen SN Dikti berdasarkan permendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi”; (3) Dr. Drs. Jonner Hasugian, M.Si, Manajer Divisi Penjaminan Mutu Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama UMM USU, dengan judul materi “Monev Diagnostik: Skoring Spiderweb, Monev Formatif: Instrumen Pengukuran Kinerja Dan Asesmen”; (4) Dr. dr. Isti Ilmiati Fujiati, M.Sc.,CMFM, M.Pd, Ked., selaku Manajer Divisi Penjaminan Mutu Monitoring dan Evaluasi (Monev), Audit Mutu Internal (AMI) dan Pengendalian UMM USU dengan judul materi “Monev Sumatif (Audit Sistem, Audit Kesesuaian dan Laporan AMI) serta Rapat Pengendalian dan RTL”; (5) Dedy Arisandi, ST., M.Kom., selaku Manajer Divisi Penjaminan Mutu Pangkalan Data dan Sistem Informasi (PDSI) dengan materi “Website Unit Manajemen Mutu USU dan Aplikasinya”.

Foto (screenshot): Peserta pada Gelombang I hari kedua pada kegiatan Workshop Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Sumatera Utara Siklus 13 Tahun 2020 (30/06/2020)

Total keseluruhan peserta yang diundang untuk mengikuti kegiatan ini sebanyak 735 orang, dengan jumlah peserta untuk gelombang I berasal dari Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Fakultas Kehutanan, dan Sekolah Pascasarjana berjumlah 633 orang dan gelombang 2 berasal dari Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Farmasi berjumlah 102 orang. Untuk gelombang pertama hari pertama, kehadiran peserta dalam mengikuti kegiatan ini sebanyak 459 orang  (72,51 %), pada hari kedua sebanyak 408 orang (64,45 %) Sedangkan Gelombang 2 pada hari pertama peserta yang hadir sebanyak 80 orang (78,43%), pada hari kedua sebanyak 74 orang (72,54%).

Foto (screenshot): Peserta pada Gelombang 2 hari kedua pada kegiatan Workshop Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Sumatera Utara Siklus 13 Tahun 2020 (02/07/2020)

Aktifitas komunikasi dan interaksi para peserta, narasumber, dan panitia dalam mengikuti rangkaian kegiatan ini semuanya dilakukan secara daring, yaitu mulai dari proses pendaftaran dan menerima (admit) peserta, presensi kehadiran, pre-test, post-test, pemaparan materi dari narasumber, diskusi dan tanya jawab, presentasi peserta untuk tugas dan latihan, serta survey kepuasan peserta kegiatan workshop. Para peserta yang mengikuti rangkaian kegiatan workshop secara lengkap (hadir pada hari pertama dan kedua, pre-test, pos-test, malaksanakan latihan/tugas, dan mengisi formulir survei kepuasan peserta) akan memperoleh Sertifikat kelulusan workshop dan diserahkan kepada peserta secara daring  melalui e-mail dan WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *