Universitas Pertahanan Republik Indonesia Benchmarking ke Unit Manajemen Mutu Universitas Sumatera Utara

MEDAN. UMMUSU – Benchmarking Universitas Pertahanan Republik Indonesia Ke Unit Manajemen Mutu Universitas Sumatera Utara Secara Daring

Universitas Pertahanan (Unhan) Republik Indonesia melakukan kunjungan secara daring (online) ke Unit Manajemen Mutu dalam rangka benchmarking dengan menggunakan aplikasi Clouds Meeting pada tanggal 20 April 2021 pada pukul 09.00 wib.

 

Foto: Tampilan Materi Benchmarking Universitas Pertahanan (20/4/2021)

Benchmarking ini dipandu oleh moderator Kepala Pusat Manajemen Akreditasi Kolonel Arm. Dr. Guntur Eko Saputra SIP, CIQnR dari Universitas Pertahanan. Benchmarking dibuka oleh Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LPPPM) Universitas Pertahanan RI Laksama Muda TNI Dr. Suhirwan, S.T., M.MT., CIQnR., CIQaR., IPU, dan turut dihadiri oleh Ketua unit Manajemen Mutu USU, Ibu Dr. dr. Isti Ilmiati, Pujiai, CMFM, M.Pd.Ked. Dalam sambutannya, Ketua LPPPM Unhan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Unit Manajemen Mutu Universitas Sumatera Utara (UMM-USU) atas kesediaannya dalam menerima kehadiran pihak Unhan secara daring dalam melakukan benchmarking terkait dengan akreditasi dan penjaminan mutu universitas. Seyogyanya, dalam perencanaan kegiatan benchmarking akreditasi ini dilaksanakan melalui tatap muka langsung dengan berkunjung ke USU Medan, namun karena masih dalam keadaan masa pandemi Covid-19, kegiatan ini hanya bisa dilaksanakan melalui secara daring (online).

Foto: Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unhan RI Laksda TNI Dr. Suhirwan, S.T., M.MT., CIQnR., CIQaR., IPU dalam benchmarking ke USU (20/4/2021)

Benchmarking ini dihadiri juga oleh Ses LPPPM dan para Kapus LPPPM, para pejabat Eselon III serta Sesprodi Universitas Pertahanan RI serta Manajer dan Anggota Divisi UMM USU, total peserta Benchmarking sebanyak 44 orang. Pada kegiatan benchmarking ini, Universitas Pertahanan mengawali dengan pemaparan profil Universitas Pertahanan, sekaligus menjelaskan tujuan dilakukannya kegiatan benchmarking ini yaitu dalam rangka untuk mendukung kegiatan penyusunan laporan kinerja perguruan tinggi (LKPT) dan Laporan Evaluasi Diri Perguruan Tinggi (LEDPT).

 

Foto: Pemaparan dari Ketua UMM USU Dr. dr. Isti Ilmiati Fujiati, M.Sc, CMFM, M.Pd.Ked (kiri) dan Dedy Arisandi, ST., M.Kom selaku Manajer Divisi Pangkalan Data Sistem Informasi (kanan) (20/4/2021) tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal USU serta peranannya dalam menunjang akreditasi prodi dan universitas.

Pada benchmarking ini ketua UMM USU Dr. dr. Isti Ilmiati Fujiati, M.Sc, CMFM, M.Pd.Ked memaparkan tentang profil UMM USU dan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti): Integrasi Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME/Akreditasi) dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Pemaparan kedua dari UMM USU disampaikan oleh Dedy Arisandi, ST., M.Kom selaku Manajer Divisi Pangkalan Data Sistem Informasi, yang memaparkan tentang Dukungan Sistem Informasi SPMI pada Kegiatan Pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI). Pada kesempatan ini juga Sekretaris UMM USU Farida Linda Sari Siregar, S.Kep., Ns., M.Kep. melakukan video share atau berkeliling kantor UMM USU untuk menunjukkan aktifitas dan ruangan di lingkungan kantor UMM USU.

Foto: Peserta Benchmarking Universitas Pertahanan ke UMM USU secara daring (20/4/2021)

Selanjutnya, pada sesi diskusi dan tanya jawab, 4 (empat) peserta dari Unhan yang mengikuti benchmarking ini menyampaikan beberapa pertanyaan, masukan dan pendapat kepada UMM USU. Pertanyaan dan masukan yang diminta berkisaran tentang strategi dan program Akreditasi USU dan bagaimana UMM USU dapat melakukan komitmen Budaya Mutu di lingkungan universitas yang sudah diterapkan sejak tahun 2007. Pada kesempatan ini, Dr. dr. Isti Ilmiati Fujiati M.Sc, CMFM, M.Pd.Ked M.Sc, CMFM, M.Pd.Ked, dan dilengkapi oleh Dr.-Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri selaku Ketua UMM sejak 2011-2021 memberikan beberapa masukan, pandangan dan solusi terkait dengan keadaan dan proses kemajuan, tantangan dan hambatan yang dilalui oleh UMM dari waktu ke waktu dalam upaya continuous improvement terhadap assurance quality di tingkat prodi, fakultas dan universitas.

Kegiatan Benchmarking ini ditutup oleh Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unhan RI Laksda TNI Dr. Suhirwan, S.T., M.MT., CIQnR., CIQaR., IPU dengan harapan kegiatan benchmarking ini dapat menjadi solusi pemikiran dalam menetapkan strategi dan kiat dalam mewujudkan program studi dan perguruan tinggi yang handal dan bermanfaat pada tataran akademis, pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Untuk masa selanjutnya, komunikasi dan kerjasama yang implementatif dapat terjalin dan diwujudkan antara Unhan dan USU dalam rangka bersama-sama untuk menjadi universitas yang unggul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *