Unit Manajemen Mutu Melaksanakan: Supervisi dan Konsultasi Instrumen Monev Diagnostik dan Monev Formatif

UMMUSU: Supervisi dan Konsultasi Instrumen Skoring Spiderweb (untuk Monev Diagnostik) serta Pengukuran Kinerja dan Asesment (untuk Monev Formatif)

Menindaklanjuti kegiatan Workshop Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Sumatera Utara untuk Akademik dan Non Akademik Siklus 13 Tahun 2020, yang diselenggarakan dalam 3 Gelombang Kegiatan yaitu gelombang pertama 29 dan 30 Juni 2020 gelombang kedua 31 Juni dan 1 Juli 2020, gelombang ketiga tanggal 16 dan 17 Juli 2020, serta telah memasuki fase Evaluasi pada siklus PPEPP SPMI USU, maka kepada para Pimpinan Fakultas, Ketua Program Studi dibantu dengan task force SPMI fakultas dan prodi yaitu Gugus Jamianan Mutu (GJM) dan Gugus Kendali Mutu (GKM) untuk mengisi Instrumen Skoring Spiderweb (Monev Diagnostik) dan Pengukuran Kinerja dan Asesment (Monev Formatif). Adapun Instrumen dapat diunduh (download) dengan memilih Instrumen masing-masing Fakultas/Sekolah Pascasarjana (UPPS) dan jenjang Prodi pada link berikut: 1) Skoring Spiderweb (Monev Diagnostik) link https://bit.ly/monev-diagnostik-2020 2) Pengukuran Kinerja dan Asesment (Monev Formatif) link https://bit.ly/monevformatif-2020.

Dalam rangka pendampingan dan konsultasi yang berkelanjutan dalam upaya pencapaian tujuan Monev Diagnostik dan Monev Formatif, maka Unit Manajemen Mutu Universitas Sumatera Utara (UMM-USU) menyelenggarakan kegiatan Supervisi dan Konsultasi Instrumen Skoring Spiderweb (untuk Monev Diagnostik) serta Pengukuran Kinerja dan Asesment (untuk Monev Formatif) yang telah dilaksanakan dalam rentang waktu: 10 s.d 14 Agustus 2020, pukul: 09.00-10.30 WIB. Kegiatan ini dilaksankan dengan Aplikasi Zoom Meeting, dengan mengundang seluruh Dekan/Direktur SPs, Wakil Dekan I, II dan III Fakultas/Wakil Direktur I dan II SPs, Seluruh Ketua Prodi, Ketua dan Anggota Gugus Jaminan Mutu (GJM) Fakultas/SPs dan Ketua Gugus Kendali Mutu (GKM) Prodi

Adapun tujuan kegiatan supervisi dan konsultasi adalah untuk mendiskusikan dan mengoptimalkan fakultas/SPs dan program studi dalam pengisian Instrumen Skoring Spiderweb (sehubungan dengan Monev Diagnostik) serta Pengukuran Kinerja dan Asesment (sehubungan dengan Monev Formatif). Apabila Pimpinan Fakultas beserta GJM-nya dan Pengelola Prodi beserta GKM-nya memiliki pertanyaan tentang pengisian kedua instrumen ini, mereka dapat mengirimkan materi pertanyaan dan saran ke email/WA supervisor/konsultan (daftar terlampir pada surat undangan) dan akan dibahas pada kegiatan supervisi dan konsultasi berdasarkan jadwal masing-masing kriteria . Setelah kegiatan ini, peserta dapat melanjutkan kegiatan konsultasi instrumen dengan cara mengirimkan instrumen tersebut langsung ke supervisor/konsutan melalui email/WA supervisor/konsultan  pada rentang waktu 15 s.d 29 Agustus 2020.

Hari pertama pada hari Senin, 10 Agustus 2020 kegiatan Supervisi dan Konsultasi Pengisian Monev Diagnostik berupa Skoring Spiderweb dan Monev Formatif berupa Instrumen Pengukuran Kinerja dan Assesment pada Kriteria 1: Visi, Misi, Tujuan dan Strategi dan Kriteria 2: Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, dengan narasumber Dr. Drs. Jonner Hasugian, MSi. dan Dr. Marpongahtun, MSc, selaku Manajer dan Anggota Divisi Penjaminan Mutu Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama.

Foto 1: Screen shoot kegiatan Hari Pertama (Senin, 10 Agustus 2020) Supervisi dan Konsultasi Pengisian Monev Diagnostik berupa Skoring Spiderweb dan Monev Formatif

Hari kedua pada hari Selasa, 11 Agustus 2020 kegiatan Supervisi dan Konsultasi Pengisian Monev Diagnostik berupa Skoring Spiderweb dan Monev Formatif berupa Instrumen Pengukuran Kinerja dan Assesment berfokus pada Kriteria 3: Mahasiswa dan Kriteria 6: Pendidikan, dengan narasumber Riyanto Sinaga, S.Si., M.Si dan dr. Lokot Donna Lubis, Sp.PA selaku Manajer dan Anggota Divisi Penjaminan Mutu Pendidikan dan Mahasiswa UMM USU.

Foto 2: Screen shoot kegiatan Hari Kedua (Selasa, 11 Agustus 2020) Supervisi dan Konsultasi Pengisian Monev Diagnostik berupa Skoring Spiderweb dan Monev Formatif

Hari ketiga pada hari Rabu, 12 Agustus 2020 kegiatan Supervisi dan Konsultasi Pengisian Monev Diagnostik berupa Skoring Spiderweb dan Monev Formatif berupa Instrumen Pengukuran Kinerja dan Assesment berfokus pada Kriteria 4: Sumber Daya Manusia, dengan narasumber Prof. Dr.rer.nat. Effendy De Lux Putra, SU., Apt dan Prof. Dra. Pujiati, M.Soc.Sc, Ph.D. Manajer dan Anggota Divisi Penjaminan Mutu Sumber Daya Manusia UMM USU serta Farida Linda Sari Siregar, S.Kep., Ns., M.Kep. sebagai Sekretaris UMM USU.

Foto 3: Screen shoot kegiatan Hari Ketiga (Rabu, 12 Agustus 2020) Supervisi dan Konsultasi Pengisian Monev Diagnostik berupa Skoring Spiderweb dan Monev Formatif

Hari keempat pada hari Kamis, 13 Agustus 2020) kegiatan Supervisi dan Konsultasi Pengisian Monev Diagnostik berupa Skoring Spiderweb dan Monev Formatif berupa Instrumen Pengukuran Kinerja dan Assesment berfokus pada Kriteria 5: Keuangan, Sarana dan Prasarana dengan narasumber Irsad, SE, MSoc.Sc, PhD; dan Kriteria 9: Luaran dan Capaian Tridharma, dengan narasumber Onan Marakali Siregar, S.Sos, M.Si, selaku Manajer dan Anggota Divisi Penjaminan Mutu Keuangan, Sarana dan Prasarana Unit Manajemen Mutu USU.

Hari kelima pada hari Jum’at, 14 Agustus 2020 kegiatan Supervisi dan Konsultasi Pengisian Monev Diagnostik berupa Skoring Spiderweb dan Monev Formatif berupa Instrumen Pengukuran Kinerja dan Assesment berfokus pada Kriteria 7: Penelitian, dan Kriteria 8: Pengabdian pada Masyarakat, dengan narasumber Ibu Nur Asnah Sitohang, SKep, Ns, MKep, dan Indera STI, M.Kom, selaku Manajer dan Anggota Divisi Penjaminan Mutu Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Unit Manajemen Mutu USU.

Dalam lima hari kegiatan Supervisi dan Konsultasi untuk Monev Diagnostik dan Monev Formatif dengan topik delapan Kriteria yang disusun dalam skoring spiderweb dan formulir formatif, menunjukkan suasana diskusi yang hangat dan dinamis. Waktu yang dialokasikan selama 90 menit tidak cukup untuk menampung berbagai pertanyaan dan selalunya kegiatan berakhir dengan tambahan waktu sampai dengan 30 menit (kegiatan berakhir jam 11.00) dan kalau tidak dibatasi oleh moderator tentu bisa jauh melebihi. Para peserta yang terdiri dari Dekan/Ketua Prodi, personalia GJM dan GKM menunjukkan awareness dan sikap yang responsif dalam pelaksanaan kegiatan supervisi dan konsultasi ini. Tentunya ini menjadi motivasi dan harapan kita kepada seluruh Dekanat/Ketua prodi/GJM dan GKM untuk tetap terus semangat dan dapat merealisasikan capaian kegiatan ini berupa penyelesaian tugas pengisian formulir monev formatif dan spiderweb dengan baik dan tepak waktu.  Dalam hal ini, UMM beserta tim akan selalu terus mengoptimalkan sistem dalam setiap melaksanakan kegiatan penjaminan mutu melalui pendampingan, diskusi, supervisi, konsultasi secara langsung ataupun melalui flatform media sistem informasi, termasuk juga melakukan empowering di setiap GJM dalam setiap satuan kerja sehingga budaya mutu dan profesionalitas personaliti SPMI USU dapat merata disetiap jenjang dan memiliki keupayaan dalam memberikan proses pendampingan dann supervisi dalam penjaminan mutu di satuan kerjanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *