Workshop Pengisian Instrumen Akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) pada Program Studi di lingkungan USU

MEDAN. UMMUSU – UMM USU menyelenggarakan kegiatan Workshop Pengisian Instrumen Akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) pada Program Studi di lingkungan USU

LAMEMBA adalah Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi yang bertugas untuk melakukan proses Akreditasi untuk Program Studi di Bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, yang diprakasai oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan Asosiasi Fakultas Ekonomi, dan Bisnis Indonesia (AFEBI).

Tujuan didirikannya LAMEMBA adalah (1) Melaksanakan penilaian akreditasi PS EMBA, dalam rangka menentukan kelayakan PS EMBA atas dasar kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang selanjutnya disingkat SNPT; (2) Menjamin kualitas penyelenggaraan PS EMBA dengan SNPT secara berkelanjutan; (3) Memberikan kontribusi dalam peningkatan mutu PS EMBA yang berdaya saing nasional dan atau internasional, dan (4) Menjadikan LAMEMBA sebagai lembaga akreditasi tingkat nasional dan atau internasional, yang didukung oleh SDM yang berkualitas dengan tata kelola yang transparan, kredibel, dan akuntabel.

Unit Manajemen Mutu USU menyelenggarakan kegiatan Workshop Pengisian Instrumen Akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) pada Program Studi di lingkungan USU pada hari Senin tanggal 21 Februari 2022 pada pukul 08.30 WIB s.d selesai, yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kebijakan sekaligus meningkatkan pengetahuan Pimpinan Fakultas/Sekolah Pascasarjana, Pengelola Program Studi pada prodi Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi tentang Instrumen Akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) dilingkungan USU.

Foto: Pembukaan Workshop Pengisian Instrumen Akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) pada Program Studi di lingkungan USU oleh Wakil Rektor I Universitas Sumatera Utara Dr. Edy Ikhsan SH.,MA (21/2/2022)

Workshop ini secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor I Universitas Sumatera Utara Dr. Edy Ikhsan SH.,MA. Dalam arahannnya, Wakil Rektor I USU menyampaikan tentang betapa pentingnya program studi yang akan berakhir masa akreditasinya tahun ini dikarenakan untuk menunjang Akreditasi Universitas yang akan berakhir tanggal 27 Februari tahun 2023. Terdapat 16 Program Studi di lingkungan USU yang masuk dalam LAMEMBA, dari 16 prodi tersebut, terdapat 6 prodi yang akan berakhir masa akreditasinya tahun 2022 dan awal 2023. Strategi dan upaya yang optimal akan dilakukan oleh semua komponen Universitas untuk memanfaatkan kebijakan/regulasi ini dalam rangka untuk memperoleh peringkat akreditasi Unggul bagi USU pada tahun 2023. Wakil Rektor I USU berharap bahwa melalui Workshop Pengisian Instrumen Akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) pada Program Studi di lingkungan USU ini dan rencana tindak lanjut pengisian Borang Akreditasi LAMEMBA memiliki peluang USU untuk memperoleh akreditasi ungggul dapat diwujudkan.

Foto: Narasumber pertama Prof. Dr. Isfenti Sadalia, SE, ME Workshop Pengisian Instrumen Akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) pada Program Studi di lingkungan USU (21/2/2022)

Dua narasumber menyampaikan topik yang menjadi fokus kegiatan ini, yaitu narasumber pertama Prof. Dr. Isfenti Sadalia, SE, ME dan narasumber kedua Dr. Yeni Absah SE., M.Si selaku Asesor LAMEMBA Indonesia dengan judul materi “Pengisian Instrumen Dokumen Evaluasi Diri (DED) dan Dokumen Kinerja Program Studi (DKPS): Kriteria 1 s.d 4” dan materi kedua “Pengisian Instrumen Dokumen Evaluasi Diri (DED) dan Dokumen Kinerja Program Studi (DKPS): Kriteria 5 s.d 9“.

Foto: Narasumber kedua Dr. Yeni Absah SE., M.Si Workshop Pengisian Instrumen Akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) pada Program Studi di lingkungan USU (21/2/2022)

Sebanyak 45 peserta yang hadir dalam kegiatan workshop ini terdiri dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Direktur Sekolah Pascasarjana, Wakil Dekan I/Wakil Direktur I, Wakil Dekan II/Wakil Direktur II, Wakil Dekan III, serta para Ketua dan Sekretaris Program Studi Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi di lingkungan USU. Pada sesi diskusi/tanya jawab, sekitar 10 peserta mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan tatacara dan substansi pengisian Instrumen Akreditasi LAMEMBA. Pada workshop ini juga disampaikan tentang timeline kegiatan pengisian Instrumen Akreditasi LAMEMBA kepada prodi-prodi oleh Sekretaris UMM USU, Farida Linda Sari Siregar, S.Kep., Ns., M.Kep.

                

Foto: Para Peserta Workshop Pengisian Instrumen Akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) pada Program Studi di lingkungan USU (21/2/2022)

Kegiatan workshop ditutup oleh Ketua UMM USU, dengan menekankan bahwa tindaklanjut workshop ini harus dapat dijalankan secara konkrit dan UMM USU akan melibatkan Asesor LAMEMBA yang terdapat di lingkungan USU untuk mendampingi fakultas dan program studi untuk reakreditasi prodi, dalam rangka mewujudkan diperolehnya peringkat akreditasi USU menjadi unggul.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *