Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (BKS PTN Barat) Mengadakan Rapat Tahunan Wakil/Pembantu Rektor Bidang Akademik dan Rapat Koordinasi Forum Penjaminan Mutu

@UMMNEWS, Kampus USU Medan – Jum’at, 07/12/2018

Bidang akademik Badan Kerja Sama  Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (BKS PTN Barat) yang merupakan forum para wakil/pembantu rektor akan mengadakan Rapat Tahunan yang memang sudah menjadi agenda rutin dari forum ini. Rapat Tahunan yang merupakan annual meeting akan  membahas dan bertukar pikiran tentang Seleksi Mahasiswa Baru UTBK serta Rencana Program Kerja Bidang akademik BKS PTN Barat tahun 2019.

Rapat para wakil/pembantu rektor bidang akademik ini yang lazimnya diadakan setiap tahun, biasanya mengambil tempat pada salah satu perguruan tinggi anggota BKS PTN Barat melalui kesepakatan bersama. Kali ini Universitas Sumatera Utara (USU) mendapat giliran sebagai tuan rumah rapat tahunan para wakil/pembantu rektor tersebut.

Ada yang berbeda dengan rapat tahunan tahun 2018  ini. Setelah Wakil Rektor I USU, Prof. Dr. Ir. Rosmayati, MS berdiskusi secara intensif dengan ketua BKS PTN Barat Bidang akademik Dr. Fatah Sulaeman, ST.,MT. yang juga adalah Wakil Rektor I Untirta, maka usulan permohonan Forum Penjaminan Mutu (FPM) BKS PTN Barat untuk dapat secara bersamaan melaksanakan Rapat koordinasi FPM disetujui. Maka disepakati pertemuan ini adalah rapat tahunan para wakil/pembantu rektor bidang akademik dan rapat koordinasi Forum Penjaminan Mutu (FPM) BKS PTN Barat.

Rapat koordinasi yang sering disingkat dengan rakor, diharapkan dapat menjadi forum sebagai sebuah paguyuban sebagai media untuk sharing dan bekerjasama dalam konteks sistem penjaminan mutu perguruan tinggi (SPM Dikti). Forum Rakor menjadi salah satu sarana bagi pemangku kepentingan untuk menghasilkan kesepakatan dan komitmen di antara para perguruan tinggi BKS PTN Barat terhadap isu strategis, program, kegiatan dan anggaran Pendidikan Tinggi tahunan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Sebelum rakor dilaksanakan, anggota  FPM BKS PTN Barat telah mengadakan diskusi melalui sosial media group WA FPM BKS PTN Barat untuk menentukan materi-materi yang akan dibahas.

Salah satu materi yang akan dibahas bersama pada rapat tahunan wakil/pembantu rektor bidang akademik  dan rapat koordinasi forum penjaminan mutu BKS PTN Barat yang akan dilaksanakan pada tanggal 7-9 Desember 2018 adalah Klasterisasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang akan disampaikan oleh Dr. Hari Wijayanto sebagai narasumber dari Kemenristekdikti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *