Fakultas dan Program Studi Harus Melaksanakan Sistem Manajemen Mutu USU secara Konsisten dan Berkelanjutan

@UMMNEWS.

Dalam rangka Sosialisasi dan Konsultasi Siklus 11 Sistem Manajemen Mutu (SMM) USU, Unit Manajemen Mutu (UMM) USU pada hari Rabu, 14 Pebruari 2018 melaksanakan kegiatan visitasi ke Fakultas Kedokteran Gigi USU. Di tengah kesibukan agenda Penyumpahan dan Pelantikan Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia, Fakultas Kedokteran Gigi masih bisa menyediakan waktu untuk menyambut kehadiran Tim UMM USU yang dipimpin oleh Dr Alfan Gunawan Ahmad, S.Hut, M.Si selaku Sekretaris UMM dan diikuti oleh Prof. Dr. rer.nat. Effendy De Lux Putra, SU., Apt (Manajer Divisi Implementasi dan Monev SMM USU untuk S2 dan S3), Irsad, SE., M.Soc.Sc., Ph.D. (Manajer Divisi Audit Mutu Internal dan RTM), Nur Asnah Sitohang, S.Kep., Ns., M.Kep (Manajer Divisi Pengembangan Sinkronisasi SPMI-SPME), Farida Linda Sari Siregar, S.Kep., Ns., M.Kep (Manajer Divisi Dokumen Penjaminan Mutu), dan Azmi (Tim Sekretariat UMM). Dr. Trelia Boel, drg., M.Kes., Sp.RKG selaku Dekan Fakultas Kedokteran Gigi beserta jajarannya yang terdiri atas pimpinan Program Studi, personil Gugus Jaminan Mutu (GJM) dan Gugus Kendali Mutu (GKM) di lingkup Fakultas Kedokteran Gigi mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir.

Dr. Trelia Boel, drg., M.Kes., Sp.RKG selaku Dekan Fakultas Kedokteran Gigi serius menyimak penjelasan Dr Alfan Gunawan Ahmad, S.Hut, M.Si selaku Sekretaris UMM USU tentang pentingnya implementasi Siklus 11 Sistem Manajemen Mutu (SMM) USU secara konsisten dan berkelanjutan.

Di dalam paparannya, Dr. Alfan Gunawan Ahmad, S.Hut, M.Si menguraikan tentang pentingnya melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di tingkat Fakultas dan Program Studi secara konsisten dan berkelanjutan. SPMI yang dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan akan memudahkan Fakultas dan Program Studi didalam menghadapi siklus lima tahunan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang sering dikenal dengan proses akreditasi. Hal ini dikarenakan adanya sinkronisasi antara SPMI USU (yang dikenal dengan istilah Sistem Manajemen Mutu USU) dengan SPME dari BAN PT. Dokumen pendukung yang dibutuhkan untuk SMM USU, juga dibutuhkan untuk memenuhi borang akreditasi BAN PT. Satu dokumen dapat digunakan sebagai dokumen pendukung untuk manual prosedur di SMM USU dan juga untuk borang akreditasi BAN PT. Di sinilah pentingnya di setiap Fakultas dan Program Studi menyiapkan 1 personil GJM dan GKM nya yang khusus untuk mengontrol dokumen secara baik dan rapi.

Diskusi hangat mewarnai acara visitasi setelah Sekretaris UMM USU memaparkan materi tentang Siklus 11 SMM USU. Berbagai pertanyaan dan pernyataan muncul dari para peserta. Penambahan jumlah pegawai menjadi salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh Fakultas Kedokteran Gigi untuk mendukung peningkatan mutu akademik dan non akademiknya. Disamping itu juga, untuk menjaga agar mahasiswa FKG dapat lulus tepat waktu maka peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pun menjadi suatu keniscayaan. Selain itu, di era informasi teknologi yang semakin canggih dan cepat, dukungan sistem informasi yang handal juga memiliki peran penting untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi di FKG USU.

Acara visitasi diakhiri dengan foto bersama antara Tim UMM USU dengan Dekan FKG beserta seluruh jajarannya di tingkat Prodi lingkup FKG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *