Rapat Pengendalian dan Rencana Tindak Lanjut USU Menutup Siklus 12 SPMI Tahun 2019

UMM.USU: Unit Manajemen Mutu USU menyelenggarakan kegiatan Rapat Pengendalian dan Rencana Tindak Lanjut (RP & RTL) Universitas guna mengetahui rencana tindak lanjut perbaikan berdasarkan common issue universitas untuk menyusun langkah peningkatan guna pencapai dan melampaui quality standard pada Siklus 13 tahun 2020.

UMM USU menyelenggarakan kegiatan Rapat Pengendalian dan Rencana Tindak Lanjut Universitas pada hari Selasa tanggal 11 Februari 2020 bertempat di Ruang Rapat Senat lantai 3 Biro Pusat Administrasi USU. Kegiatan Pengendalian dan Rencana Tindak Lanjut adalah fase terakhir pada siklus Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), yang dilakukan untuk memperoleh common issue berbasis hasil RP/RTL Fakultas/SPs untuk dijadikan sebagai target perbaikan quality standard kedepannya bagi semua satuan kerja di tingkat universitas pada Siklus 13 Sistem Penjamian Mutu USU tahun 2020.


Foto: Peserta yang diundang pada kegiatan Rapat Pengendalian dan Rencana Tindak Lanjut (RP & RTL) Universitas (11/02/2020)

Peserta yang diundang pada kegiatan ini adalah para Dekan Fakultas/Direktur Sekolah Pascasarjana, para Wakil Dekan I Fakultas/Wakil Direktur I Sekolah Pascasarjana, Para Wakil Dekan II Fakultas/Wakil Direktur II Sekolah Pascasarjana, para Wakil Dekan III Fakultas, ketua Gugus Jaminan Mutu (GJM) Fakultas serta seluruh personalia pelaksana Unit Manajemen Mutu (UMM-USU).


Foto: kata sambutan dan sekaligus pembukaan oleh Ketua UMM USU Dr. –Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri (11/02/2020)

Kegiatan ini dimulai dengan kata sambutan dan sekaligus pembukaan oleh Ketua UMM USU Dr. –Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri mewakili Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. Rosmayati, MS. Pada kesempatan tersebut, Ketua UMM USU menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk memperoleh masukan dalam menetapkan common issue di tingkat universitas berdasarkan dari laporan masing-masing kegiatan RP & RTL Fakultas/Sekolah Pascasarjana. Pada RP & RTL ini seluruh prodi di lingkungan Fakultas/SPs menyampaikan kondisi dan permasalahan masing-masing berbasis kriteria. Common issue yang diperoleh dari RP & RTL pada tingkat universitas ini akan menjadi target kinerja (quality improvment) Sistem Penjaminan Mutu Internal USU UMM pada Siklus 13 tahun 2020. Laporan Kegiatan RP & RTL Siklus 12 Tahun 2019, yang terdiri dari Rekapitulasi dari Hasil Evaluasi dan Pelakasanaan, Rencana Tindak Lanjut dan untuk semua common issue Fakultas/Sekolah Pascasarjana, sekaligus common issue tingkat universitas yang akan diserahkan kepada Pimpinan Universitas untuk menjadi masukkan perbaikan kedepannya.

Setelah pembukaan dari Ketua UMM USU kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan hasil Rapat Pengendalian dan Rencana Tindak Lanjut yang dilakukan Fakultas/Sekolah Pascasarjana pada tanggal 20 s.d 24 Januari 2020 yang lalu oleh Manajer Divisi Penjaminan Mutu Monitoring dan Evaluasi (Monev), Audit Mutu Internal (AMI) dan Pengendalian, Nur Asnah Sitohang, S.Kep., Ns., M.Kep. Kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan moderator Dr. dr. Isti Ilmiati Fujiati, M.Sc., CMFM, M.Pd, Ked.

Hasil pemaparan yang disampaikan oleh Ibu Nur Asnah Sitohang, S.Kep., Ns., M.Kep. dari Rapat Pengendalian dan Rencana Tindak Lanjut yang dilakukan Fakultas/Sekolah Pascasarjana diperoleh bahwa terdapat beberapa Fakultas yang memiliki kelemahan pada beberapa kriteria (dari 9 kriteria BANPT) dan dianjurkan kepada Fakultas yang memiliki kelemahan untuk segara melakukan quality improvment terhadap capaian standar untuk memperoleh pencapaian maksimum kriteria berdasarkan prinsip pejaminan mutu yang berkelanjutan. Adapun beberapa peserta yang memberikan masukan dan saran dalam kegiatan RP &RTL dalam sesi diskusi ini, yaitu Wakil Direktur I Sekolah Pascasarjana Prof. Dr. Dwi Suryanto, M.Sc., yang menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini dengan metode penyampaian resume dari RP % RTL Fakultas/SPs dan menjelaskan tentang keadaan yang ada di Sekolah Pascasarjana khususnya tentang Sumber Daya Manusia dan Mahasiswa Asing. Pernyataan senada juga disampaikan oleh Direktur Sekolah Pascasarjana Prof. Dr. Robert Sibarani, MS., yang juga turut hadir pada kegiatan ini, yang menambahkan permasalahan berkaitan dengan sulitnya bagi Dosen Pascasarjana untuk mengajukan berbagai kompetisi skema penelitian pada tingkat nasional berkaitan dengan home base dosen pascasarjana masih berada di masing-masing fakultas.

Foto: Direktur Sekolah Pascasarjana Prof. Dr. Robert Sibarani, MS., memberikan masukan dan saran dalam kegiatan RP &RTL dalam sesi diskusi (20/02/2020)

Beberapa diskusi juga menekankan makna internasionalisasi USU seperti pernyataan dari Dr. Eng. Ir. Listiani Nurul Huda, MT ketua GJM Fakultas Teknik yang mengangkat tentang Internasionalisasi USU seperti mahasiswa asing, dosen asing dan kerjasama internasional.

Akhir kegiatan ini dilakukan dengan penutupan oleh ketua UMM USU Dr. –Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri yang menegaskan kembali seluruh hasil dari Rapat Pengendalian dan Rencana Tindak Lanjut akan diserahkan kepada Pimpinan untuk dapat ditindaklanjuti oleh Pimpinan Universitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *