Sertifikasi Internal dan Up-Grading Auditor Mutu SPMI

MEDAN. UMMUSU – 101 peserta calon Auditor Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) melakukan sertifikasi Internal Auditor yang diselenggarakan oleh Unit Manajemen Mutu USU.

Menjelang pelaksanaan Audit Mutu Internal Siklus 12 Tahun 2019, Unit Manajemen Mutu (UMM) USU melaksanakan kegiatan Sertifikasi Internal Dan Up-Grading Auditor Mutu SPMI USU Siklus 12 Tahun 2019 yang mengacu kepada Permenristekdikti Nomor 62 tahun 2016. Kegiatan ini merupakan rutinitas yang dilaksanakan oleh Tim UMM USU menjelang Audit Mutu Internal (AMI) setiap tahunnya untuk mempersiapkan tenaga auditor sebelum turun ke Gugus Jaminan Mutu dan Gugus Kendali Mutu di fakultas dan program studi di lingkungan USU. Namun untuk tahun ini, materi yang disampaikan lebih komprehensif karena pelaksanaan AMI harus merujuk kepada SPMI yang mengacu Permenristekdikti Nomor 62 tahun 2016. Agar pelaksanaan AMI ini dapat berjalan secara efektif, dibutuhkan tenaga auditor internal yang terlatih dan tersertifikasi internal mengacu kepada audit system dan audit kesesuaian yang telah ditetapkan. Kegiatan ini dalam rangka menambah jumlah auditor yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan dalam kegiatan AMI yang mencakup seluruh GJM dan GKM di lingkungan USU. Hal ini sangat penting mengingat program SPMI USU setiap tahunnya semakin lebih mendalam, komprehensif, sistemik, terintegrasi dengan memanfaatkan prasarana sistem informasi yang terus berkembang dan less paper.

Foto: Pembukaan Sertifikasi Internal Auditor SPMI oleh Ketua Unit Manajemen Mutu Universitas Sumatera Utara (UMM-USU) Dr. –Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri (Kiri), didamping oleh wakil sekretaris Luthfi Aziz Mahmud Siregar, SP., M.Sc.,Ph.D. (tengah) dan Moderator Dr. dr. Isti Ilmiati Fujiati, M.Sc., CMFM, M.Pd, Ked (kanan)

Kegiatan Sertifikasi Internal Auditor SPMI yang dilakukan pada tanggal 17 dan 18 September 2019 dihadiri dan secara resmi dibuka oleh Ketua Unit Manajemen Mutu Universitas Sumatera Utara (UMM-USU) Dr. –Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri. Dalam arahannnya, Ketua UMM USU menyampaikan tentang betapa pentingnya Audit Mutu Internal ini untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan tanggungjawab Auditor Mutu tentang SPMI di lingkungan Universitas Sumatera Utara agar sinkron dengan akreditasi dengan 9 kriteria yang telah ditetapkan oleh BAN PT.

Foto: Narasumber ketiga oleh Nur Asnah Sitohang, S.Kep., Ns., M.Kep. (kiri) menjelaskan tentang Laporan Akhir Audit Mutu Internal (AMI) dan Rapat Tinjauan Lanjutan (RTL)

Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang Senat Akademik lantai 3 Biro Pusat Administrasi dengan moderator Dr. dr. Isti Ilmiati Fujiati, M.Sc., CMFM, M.Pd, Ked. Disampaikan oleh 5 (lima) narasumber dengan topik seputar implementasi pelaksanaan AMI. Materi pertama disampaikan oleh Ketua UMM USU Dr. –Ing, Ir. Ikhwansyah Isranuri, dengan judul materi yaitu “Kebijakan AMI Siklus 12: Sinkronisasi dan adaptasi Audit Mutu Internal (AMI) Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dengan Permenristekdikti No. 62 tahun 2016 dan Integrasi SPMI-SPME mengacu Peraturan BAN PT No. 2 Tahun 2017”. Materi kedua disampaikan oleh Manajer Divisi Penjaminan Mutu Sumber Daya Manusia dan Diklat,  Irsad, SE., M.Soc.Sc., Ph.D dengan judul “Sinkronisasi SPMI dan SPME: Interprestasi skoring spiderweb dan Monev pada Penjaminan Mutu Internal USU”. Materi ketiga diberikan oleh Nur Asnah Sitohang, S.Kep., Ns., M.Kep. manajer Divisi Penjaminan Mutu Monitoring dan Evaluasi (Monev), Audit Mutu Internal (AMI) dan Pengendalian dengan judul “Laporan Akhir Audit Mutu Internal (AMI) dan Rapat Tinjauan Lanjutan (RTL)”. Materi keempat dengan judul “Tata Cara Ppengisian Form Audit Sistem dan Form Audit Kesesuaian AMI Berbasis Online” yang diberikan oleh Dedy Arisandi, ST., M.Kom manajer Divisi Penjaminan Mutu Pangkalan Data dan Sistem Informasi (PDSI).

Foto: Para Calon Auditor mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber

Pada hari kedua sertifikasi Internal dilanjutkan dengan materi kelima dengan judul “Substansi Audit Mutu Internal (AMI): Audit System dan Audit Kesesuaian” yang diberikan oleh Dr. Drs. Jonner Hasugian, M.Si Manajer Divisi Penjaminan Mutu Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama.

Foto: Foto bersama dihari kedua dengan para narasumber dan para calon auditor

Selanjutnya, dilaksanakan praktek meng-audit dengan melibatkan calon auditor melaksanakan kegiatan audit kepada Auditee yang diperankan oleh Narasumber. Seluruh proses audit berbasis website/online. Resume dari praktek audit tersebut disajikan dalam bentuk laporan audit yang dipresentasikan oleh masing-masing working group. Kegiatan dilanjutkan dengan post-test selama 15 menit untuk mengevaluasi  capaian kegiatan sertifikasi yang telah dilaksanakan selama dua hari. Akhir acara dari kegiatan ini, ditutup dengan foto bersama semua Tim UMM dengan seluruh peserta yang terlibat dalam kegiatan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *