Unit Manajemen Mutu USU Melaksanakan “Uji Petik Standar Nasional Pendidikan Tinggi Untuk Universitas Sumatera Utara”

MEDAN.UMMUSU: Unit Manajemen Mutu (UMM) USU melaksanakan Uji Petik terhadap Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) untuk Univesitas Sumatera Utara dengan mengundang responden dari Fakultas, SPs, Program studi dan Tim perumus SN Dikti.

Unit Manajemen Mutu (UMM) USU telah melaksanakan Uji Petik terhadap Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) untuk Univesitas Sumatera Utara, pada tanggal 11 dan 12 Desember 2019 di Ruang IMTGT Biro Rektor USU. Kegiatan Uji Petik ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 1, Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kealumnian, Prof. Dr. Ir. Rosmayati, MS. Hadir dalam pembukaan acara tersebut  Ketua UMM USU Dr.-Ing. Ikhwansyah Isranuri dan Sekretaris UMM USU Farida Linda Sari Siregar, SKep, Ns, MKep.

Foto 1: Wakil Rektor 1, Prof. Dr. Rosmayati, MS.  memberikan pengarahan dan sekaligus membuk acara Uji petik SN Pendidikan Tinggi USU pada hari pertama, didampingi Ketua dan Sekretaris UMM USU,  Dr.-Ing. Ikhwansyah Isranuri, dan Farida Linda Sari Siregar, SKep, Ns, MKep. (11/12/2019)

Kegiatan Uji Petik SN Dikti  ini dilaksanakan dengan mengundang para Dekan Fakultas, Direktur Sekolah Pascasarjana, Wakil Dekan 1 Fakultas dan Wakil Direktur I SPs, Wakil Dekan 2 Fakultas dan Wakil Direktur II SPs, Wakil Dekan 3 Fakultas Fakultas, Ketua program studi D3, S1, S2 dan S3 serta Tim Perumus SN Dikti bagian Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Acara berlangsung selama dua hari yaitu pada hari pertama, Uji Petik dilakukan untuk kelompok program studi D3 dan S1, sedangkan pada hari kedua uji petik dilakukan untuk kelompok program studi S2 dan S3. Sebelum pelaksanaan Uji petik ini dimulai, Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. Rosmayati, MS, memberikan pengarahan seputar urgensi dan substansi  Uji Petik SN Dikti ini dilaksanakan, kemudian dilanjutkan dengan membuka kegiatan uji petik ini. Dalam pengarahannya Ibu Wakil Rektor I menyampaikan bahwa gagasan dan ide untuk melakukan Uji Petik ini adalah untuk mendapatkan masukan dan saran yang lebih luas, konprehensif dan dapat terukur karena dibuka ruang untuk menyampaikan saran, ide dan masukan dari berbagai penyusun dan pelaksana kebijakan pada setiap satuan kerja di tingkat Universitas Sumatera Utara. Pada kesempatan ini, Ibu Wakil Rektor I, mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir, memberikan apresiasi terhadap telah diselesaikannya draft SN Pendidikan Tinggi USU dan akan  disempurnakan secara sistemik dan terjadwal hingga tingkat program studi untuk menjadi Dokumen SN yang mutakhir sebagai standar untuk mencapai Visi, Misi dan Tujuan USU yang dalam Renstra USU kedepan disebutkan dengan terminologi internasionalisasi USU menjadi universitas yang dapat bersaing ditingkat global. Wakil Rektor I juga banyak memberikan masukan-masukan yang bersifat substansial terutama yang berkaitan dengan pernyataan standar yang harus dituangkan dalam bahasa yang baku dan menjelaskan secara tegas tentang nilai standar (kualitas dan kuantitas) yang ingin dicapai.

Foto 2: Suasana kegiatan Uji Petik pada hari pertama (11/12/2019)

Pada hari Pertama, sesi pertama dari setiap kegiatan Uji Petik, diawali dengan pengantar Ketua UMM USU, Dr.-Ing. Ikhwansyah Isranuri, yang meyampaikan overview  seputar proses dari awal sampai selesainya draft Dokumen SN Dikti yang akan disahkan oleh Rektor USU. Namun dokumen tersebut perlu dilakukan proses Uji Petik terlebih dahulu didepan para pemegang kebijakan dan satuan kerja di lingkungan USU. Dalam pengantarnya, Ketua UMM USU menyampaikan bahwa Unit Manajemen Mutu (UMM) USU pada Siklus 12 tahun 2019, telah melaksanakan Program Sosialisasi Revitalisasi Dokumen SPMI, dan kemudian dilanjutkan dengan Program Pelatihan Pembuatan Dokumen SPMI sesuai dengan Permenristekdikti No. 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Selanjutnya 3 tim penyusun SN Pendidikan Tinggi USU dibentuk untuk menyusun SN Pendidikan, SN Penelitian dan SN Pengabdian pada Masyaarakat.

Foto 3: Wakil Rektor 1, Prof. Dr. Rosmayati, MS.  memberikan pengarahan dan sekaligus membuka acara Uji petik SN Pendidikan Tinggi USU pada hari kedua. (12/12/2019)

Sesi kedua, ketiga dan keempat dilanjutkan dengan Sesi Uji Petik terhadap Tiga Draft Dokumen SN Pendidikan Tinggi, dengan fasilitator Dr. dr. Isti Ilmiati Fujiati, M.Sc., CMFM, M.Pd, Ked untuk SN Pendidikan; Dr. Marpongahtun, MSc untuk SN Penelitian; dan Prof. Dr. Pujiati, Msoc.Sc. untuk SN Pengabdian pada Masyarakat. Sedangkan pada hari Kedua, yang menjadi fasilitator yaitu: Dr. dr. Isti Ilmiati Fujiati, M.Sc., CMFM, M.Pd, Ked untuk SN Pendidikan; Nur Asnah Sitohang, S.Kep., Ns., M.Kep. untuk SN Penelitian; Irsad, SE., M.Soc.Sc., Ph.D. untuk SN Pengabdian pada Masyarakat.

Foto 4: Suasana kegiatan Uji Petik pada hari kedua (12/12/2019)

Beberapa masukan diperoleh dari responden lainnya terkait dengan beberapa hal misalnya, sinkronisasi antara visi, misi USU yang sekarang dengan waktu pemberlakuan dokumen; beberapa isi standar yang masih menunjukkan  standar secara kualitatif dan indikator yang belum jelas; serta beberapa pernyataan isi satandar dan indikator yang harus diluruskan sesuai dengan peraturan lainnya yang berlaku di USU. Masukan secara tertulis (hardcopy) dan softcopy juga sudah diterima oleh Sekretariat UMM USU untuk dijadikan sebagai bahan masukan dalam proses finalisasi draft dokumen sebelum dilakukan pengesahan.

Foto 5: Peserta yang mewakili Fakultas dan Prodi menyampaikan beberapa saran dan masukan terhadap Draft Dokumen SN pendidikaan Tinggi. (12/12/2019)

Mempertimbangkan dinamika pada  kegiatan uji petik ini, dan atas arahan Ibu Wakil Rektor I, maka akan dilakukan kegiatan Focus Group Discussion terhadap naskah dan masukannya pada ketiga SN Pendidikan Tinggi (yaitu 8 standar SN Pendidikan, 8 standar SN Penelitian dan 8 standar SN Pengabdian pada Masyarakat) dengan melibatkan para Wakil Dekan 1, 2 dan 3 dari Fakultas/SPs se lingkungan USU serta Tim Penyusun/perumus SN yang berasal dari UMM USU, Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian pada Masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *