Unit Manajemen Mutu USU Direkomendasikan Kembali Untuk Resertifikasi ISO 9001:2015

MEDAN.UMMUSU – Unit Manajemen Mutu USU direkomendasiskan oleh BSI (British Standard Institute) untuk melanjutkan proses Re-Sertifikasi ISO 9001:2015 pada tahun 2020. Rekomendasi ini merupakan salah satu kesimpulan penting dari hasil proses Audit Surveillence Tahun ke-2 dari pemberlakuan Sertifikat ISO 9001:2015 terhadap UMM yang diperoleh tahun 2017. Kegiatan Audit Survellance UMM USU dilakukan oleh Auditor BSI, Sdr Wira Prasetya, ST, MM pada hari Selasa, 26 November 2019. Kegiatan audit surveillance ini dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris UMM, Dr.-Ing. Ikhwansyah Isranuri, dan Farida Linda Sari Siregar, S.Kep, Ns, M.Kep. serta semua Tim Divisi dan sekretariat.

Foto: Kegiatan Audit Surveillance Tahun ke-2 untuk ISO 9001: 2015, pada 26 November 2019 di Ruang Rapat UMM USU dengan Auditor dari British Standard Institue (Wira Prasetya, ST, MM) dengan Auditee  terdiri  Pengelola UMM USU, Ketua dan Sekretaris UMM, Dr.-Ing. Ikhwansyah Isranuri, dan Farida Linda Sari Siregar, S.Kep, NS, M.Kep, serta semua Tim Divisi dan sekretariat.(26/11/2019)

Selaku pemegang Sertifikat ISO 9001:2015 yang diperoleh Tahun 2017, UMM harus memelihara komitmen dan concern dalam memenuhi klausul ISO 9001:2015. Sehubungan dengan itu, surveillence Sertifikasi ISO 9001:2015 yang kedua pada tahun 2019 dilaksanakan British Standard Institute (BSI). Dalam rangka kegiatan surveillence ISO 9001: 2015 ini, UMM mempersiapkan tahapan-tahapan ketentuan yang telah ditetapkan dalam ketentuan ISO 9001:2015, termasuk didalamnya berkaitan dengan kecukupan dokumen dan proses quality assurance dengan siklus PDCA, diantaranya adalah Audit Mutu Internal yang diikuti dengan Rapat Tinjauan Manajemen.

Foto: Kegiatan Audit Mutu Internal UMM USU mengacu ISO 9001: 2015 pada UMM USU, Auditee ketua Divisi Penjaminan Mutu Sumber Daya Manusia dan Diklat Irsad, SE., M.Soc.Sc., Ph.D. dan anggota Onan Marakali Siregar, S.Sos, M.Si berperan sebagai Auditor Sekretaris UMM USU Farida Linda Sari Siregar, S.Kep., Ns., M.Kep. dan Anggota Divisi Penjaminan Mutu Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama Dr. Marpongahtun, M.Sc (12/11/2019)

Kegiatan Surveillance ISO 9001:2015 pada UMM USU kedua diawali dengan Evaluasi Dokumen pada tanggal 25 dan 26 September 2019, kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan merevisi dokumen ISO setiap divisi. Kegiatan dilanjutkan dengan Audit Mutu Internal (AMI) UMM USU tahun 2019 dilaksanakan  pada tanggal 12 dan 13 November 2019. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan setiap Divisi bersama timnya menjadi auditor mutu untuk mengaudit Divisi lainnya (auditee). Dalam pelaksanaan audit ini, auditor yang melaksanakan tugas audit adalah pengelola UMM yang telah memperoleh sertifikasi Audit Internal dari lembaga konsultan penjaminan mutu yang berkualifikasi nasional. Auditor Mutu Internal UMM merupakan auditor yang telah memperoleh sertifikasi dari PT QIMS, sebagai lembaga konsultan Quality Assurance yang memegang Sertifikat BSI: ISO 9001 Quality Management, ANAB Accredited, dan KAN. Pada kesempatan ini yang menjadi Lead Auditor pada Audit Mutu Internal UMM adalah Bapak Riyanto Sinaga, S.Si, M.Si.

Foto: Rapat Kesimpulan Audit Mutu Internal sesuai dengan ISO 9001:2015 yang dipimpin oleh Koordinator ISO 9001:2015 pada UMM USU siklus 12 Tahun 2019 Luthfi A.M. Siregar, SP, MSc, PhD,  Lead Auditor  Riyanto Sinaga, SSi, MSi, Ketua UMM USU Dr. Ing. Ikhwansyah Isranuri dan Sekretaris UMM USU Farida Linda Sari Siregar, SKep, Ns, MKep. Serta seluruh tim Divisi. (13/11/2019)

Kegiatan Audit Mutu Internal UMM ditutup dengan Rapat Kesimpulan AMI, yang dipimpin oleh Koordinator untuk ISO 9001:2015 Luthfi A.M. Siregar, SP, MSc, PhD. Turut hadir pada kesempatan ini, Top Management UMM USU, Dr.-Ing.Ir. Ikhwansyah Isranuri selaku Ketua UMM USU, dan Farida Linda Sari Siregar, S.Kep, Ns, M.Kep selaku Sekretaris UMM USU. Lead Auditor, dalam kesimpulannya menyebutkan bahwa ada beberapa temuan minor yang harus segera ditindaklanjuti sesegera mungkin sehingga tidak menjadi kendala dalam pencapaian sasaran mutu organisasi. Ketua UMM USU, Dr.-Ing.Ir. Ikhwansyah Isranuri dalam kesempatan tersebut menyampaikan, ucapan terima kasih atas telah berjalannya kegiatan AMI internal UMM USU ini, mudah-mudahan tahapan berikutnya yang menjadi tuntutan dalam sistem penjaminan mutu tidak hanya sebatas penyelesaian dokumen-dokumen formal, tapi lebih nyata dalam membangun budaya mutu untuk menuju visi organisasi yang kredibel dalam mendorong peningkatan mutu Tridarma Perguruan Tinggi yang berkelanjutan dan mampu bersaing secara global.

Foto: Rapat Tinjauan Manajemen  UMM USU untuk ISO 9001:2015, yang dipimpin  Ketua UMM USU       Dr.-Ing. Ikhwansyah Isranuri dan Sekretaris UMM USU Farida Linda Sari Siregar, SKep, Ns, Mkep dengan Koordinator ISO 9001 Luthfi A.M. Siregar, SP, MSc, PhD. Serta seluruh Manager dan Anggota Divisi serta sekretariat. (20/11/2019)

Selanjutnya, pada Rabu, 20 November 2019, UMM USU menyelenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Internal UMM yang merupakan rangkaian siklus mutu berbasis PDCA. RTM Internal UMM ini pada dasarnya merupakan Tinjauan Input, Tinjauan Proses dan Tinjauan Output di depan Top Manajemen untuk merumuskan common issues, prioritas, akar masalah dan solusi yang disiapkan dalam bingkai peningkatan mutu yang berkelanjutan (continous improvement). Rapat Tinjauan Manajemen ini dipimpin secara langsung oleh Ketua UMM USU, Dr. –Ing. Ikhwansyah Isranuri dan dihadiri oleh Sekretaris UMM USU, Farida Linda Sari Siregar, S.Kep, Ns, M.Kep.  Turut hadir dalam kegiatan RTM ini seluruh Manajer Divisi beserta anggota divisi dan bagian sekreatriat UMM USU. Ada beberapa agenda rapat yang menjadi concern untuk dapat dibahas dalam rangka persiapan dalam menghadapi Audit Surveillence ISO 9001:2015. Beberapa agenda RTM yang dibahas merupakan hasil pengembangan dari kegiatan Monitoring dan Evaluasi, serta hasil Audit Mutu Internal, yang terdiri dari status tindakan dari RTM tahun lalu, perubahan dalam isu eksternal dan internal yang relevan dengan sasaran mutu SPMI USU, informasi tentang kinerja keefektifan sasaran mutu, kecukupan sumber daya, efektifitas tindakan mengatasi risiko dan peluang, serta peluang untuk perbaikan. Salah satu kesimpulan penting dari agenda RTM ini yaitu perlunya dilakukan koordinasi Tim UMM USU untuk melaksanakan penjadwalan evaluasi sasaran mutu dengan meningkatkan frekuensi evaluasi dalam setiap tiga bulan.

Foto: Foto bersama dengan Auditor dari British Standard Institue Wira Prasetya, ST, MM serta seluruh Tim UMM USU di ruang Sekretariat UMM USU. (26/11/2019)

Ketua UMM USU mengucapkan Selamat kepada Tim Pengelola Unit Manajemen Mutu USU atas capaian yang telah diperoleh dalam mempertahankan Sertifikat ISO 9001:2015 melalui Audit Survellance ke-2 tahun 2019, dan berharap capaian ini untuk terus dapat ditingkatkan secara bersama-sama dengan mengedepankan profesionalisme dan peningkatan budaya mutu secara terus menerus dan berkesimbungan dan dapat mengimplementasikan capain ini untuk menjadi triger ke satuan-satuan kerja lain di lingkungan Universitas Sumatera Utara.

Surveillance ISO 9001:2015 pada Unit Manajemen Mutu USU ditutup dengan foto bersama dengan Auditor dari British Standard Institue Wira Prasetya, ST, MM serta seluruh Tim UMM USU didepan kantor UMM USU.

Foto: Foto bersama dengan Auditor dari British Standard Institue Wira Prasetya, ST, MM serta seluruh Tim UMM USU didepan kantor UMM USU. (26/11/2019)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *