USU Selenggarakan Bimtek Penguatan SPMI oleh Kepala Subdirektorat Penjaminan Mutu Kemenristekdikti untuk meningkatkan Mutu Pendidikan Tinggi

MEDAN.UMMUSU – Universitas Sumatera Utara (USU) menyelenggarakan Bimbingan Teknis “Penguatan Impelemntasi SPM Dikti Berdasarkan Permenrisktekdikti No. 62 Tahun 2016 dan Integrasi SPMI-SPME Mengacu Peraturan BAN-PT No. 2 Tahun 2017”.

Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan di ruang senat akademik Gedung Biro PusatAdministrasi lantai 3 USU Medan, Selasa (3/9/2019) dan dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kealumnian USU, Prof. Dr. Ir. Rosmayati, MS. Sebagai narasumber tunggal dalam kegiatan ini, yaitu Kepala Subdirektorat Penjaminan Mutu Kemensitekdikti, Dr. Syahrul Aminullah, SKM, M.Si. Turut serta dalam memandu kegiatan Bimtek tersebut, Ketua Unit Manajemen Mutu Universitas Sumatera Utara Dr. –Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri bersama Tim UMM lainnya yang mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Hadir sebagai peserta dalam kegiatan ini, para Dekan, Ketua Gugus Jaminan Mutu (GJM) Fakultas dan Ketua Gugus Kendali Mutu (GKM) Program Studi di lingkungan USU.

Foto: Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. Rosmayati, MS. (tengah), Kepala Subdirektorat Penjaminan Mutu Kemensitekdikti, Dr. Syahrul Aminullah, SKM, M.Si. (Tengah Kiri), Ketua UMM USU Dr. –Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri (tengah kanan), Sekretaris UMM USU Dr. Alfan Gunawan Ahmad, S.Hut., M.Si.( kiri) dan Moderator Nur Asnah Sitohang, S.Kep., Ns., M.Kep. (Kanan) saat menyanyikan lagu Indonesia Raya. (3/9/2019)

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I USU, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Subdirektorat Penjaminan Mutu Kemensitekdikti, Dr. Syahrul Aminullah, SKM, M.Si, yang telah bersedia hadir memenuhi undangan civitas akademika USU untuk memberikan Bimbingan Teknis tentang Penguatan Impelemntasi SPM Dikti berdasarkan Permenrisktekdikti No. 62 Tahun 2016 dan Integrasi SPMI-SPME mengacu Peraturan BAN-PT No. 2 Tahun 2017. Wakil Rektor I juga mengapresiasi kehadiran pimpinan  fakultas, ketua GJM dan GKM se lingkungan USU untuk mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir, dan beliau berharap keseluruhan materi yang dipaparkan dapat memperkuat pemahaman civitas akademika USU tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang comply to Permenristekdikti dan dapat lebih mengoptimalkan  capaian-capaian SPMI di fakultas masing-masing berpedoman pada ketentuan dan peraturan yang berlaku secara komprehensif. Jika semuanya sudah terimplementasi dengan benar, maka tidak akan ada kesalahan yang terjadi dalam menjalankan proses belajar dan mengajar, disamping dapat melakukan optimasi pelaksanaan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang lebih terarah dan refresentatif sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan USU. Dengan demikian, tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi akan tercapai.

Foto: Pemaparan SPMI Mewakili rumpun Ilmu Engineering oleh Ketua GJM Fakultas Teknik Dr. Eng. Listiani Nurul Huda, MT menyampaikan pemaparan singkat seputar pengalaman dan kemajuan yang telah dijalankan dalam pelaksanaan SPMI di fakultas dan program studi. (3/9/2019)

Pada kesempatan ini, sebelum pemaparan dan bimbingan oleh narasumber, perwakilan fakultas mewakili rumpun ilmu mempresentasikan tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) USU yang telah dijalankan selama 3 siklus (3 tahun terakhir), dan sejauh mana capaian yang sudah diperoleh SPMI USU jika mengacu pada Permenrisktekdikti No. 62 Tahun 2016.  Fakultas yang mempresentasikan program SPMI-nya antara lain perwakilan rumpun ilmu Kedokteran oleh Fakultas Kedokteran, perwakilan rumpun ilmu dari agriculture dan kehutanan oleh Fakultas Pertanian, perwakilan rumpun ilmu Engineering oleh Fakultas Teknik, perwakilam dari rumpun ilmu Humaniora dan seni oleh Fakultas Ilmu Budaya, perwakilan rumpun ilmu science oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, perwakilan rumpun ilmu sosial oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, perwakilan rumpun ilmu computer dan teknologi dan informasi oleh Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi.

Foto: Kepala Subdirektorat Penjaminan Mutu Kemensitekdikti, Dr. Syahrul Aminullah, SKM, M.Si. memberikan tanggapan dan masukan untuk SPMI USU (3/9/2019)

Setelah pemaparan 7 (tujuh) Fakultas di lingkungan USU seputar perjalanan SPMI yang telah dijalankan, Dr. Syahrul Aminullah, SKM, M.Si, memberikan tanggapan dan masukan untuk SPMI USU, yang pada kesimpulannya beliau menyampaikan bahwa “SPMI USU sudah bagus dan masih dapat lebih ditingkatkan lagi, bila boleh saya memberikan nilai maka SPMI USU sudah mendapat nilai rata-rata 8”.

Foto: Foto bersama Narasumber dengan para peserta (3/9/2019)

Selanjutnya, pemaparan Pokok Materi dilanjutkan oleh Dr. Syahrul Aminullah, SKM, M.Si, dengan memberikan materi tentang SPMI merespon semua kebutuhan dan kondisi USU. Dalam kesempatan ini, beliau juga memberikan respond dan solusi dari pertanyaan dan diskusi yang disampaikan peserta. Penutupan kegiatan ini dilakukan dengan memberikan resume dan beberapa catatan dan himbauan agar  para pimpinan Fakultas, GJM dan GKM terus merawat dan mengembangkan SPMI di lingkungan USU dengan semangat continue improvement.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *