USU Siapkan Master Plan Futuristik dan lakukan Penguatan Implementasi SPMI, menuju Perguruan Tinggi Bertaraf Internasional

@UMMNEWS, Kampus USU Medan – Kamis, 08/03/2018

Nilai A untuk hasil akreditasi perguruan tinggi Universitas Sumatera Utara (USU),  semakin menambah semangat dan energi civitas akademika USU untuk mewujudkan visi USU menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tatanan dunia global. Salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah dengan menyusun master plan USU secara terpadu dan visioner.

Hal inilah yang dirasakan oleh peserta Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Sinkronisasi SPMI dan SPME dalam Perspektif Tonggak Pencapaian Renstra USU pada Tahun 2018” saat mendapatkan penjelasan Wakil Rektor IV USU tentang Rencana dan Implementasi Master Plan USU 2016 – 2019 di ruang sidang Senat Akademik – Biro Rektor USU pada hari Rabu, 07 Maret 2018. Di dalam paparannya, Prof. Dr. Ir. Bustami Syam, MSME selaku Wakil Rektor IV USU menjelaskan bahwa master plan USU dirancang untuk mendukung terwujudnya USU sebagai perguruan tinggi bertaraf internasional. Kampus USU di Padang Bulan akan direvitalisasi menjadi kampus yang futuristik. Lokasi Cikal di Jl Dr Mansyur akan direvitalisasi menjadi Convention Hall Universitas Sumatera Utara berkapasitas 1000 orang. Stadium akan direvitalisasi menjadi Sport Center. Wisma USU di Jl Universitas akan direvitalisasi menjadi International Guest House. Selain itu juga akan dibangun Oncologi Center dan Stem Cell Center. Gedung Perpustakaan USU akan dilanjutkan pembangunannya. Untuk penyandang disabilitas, USU juga akan membangun fasilitas untuk disabilitas di tiap satuan kerja. Selanjutnya untuk menciptakan suasana akademik yang smart, USU akan melakukan perbaikan di berbagai infrastruktur, antara lain jalan dan bangunan, drainase, Information and Communication Technology (ICT), perpustakaan, dan pengembangan Sistem Informasi Terintegrasi.

Selanjutnya kampus USU di Kuala Bekala seluas 269,29 ha akan dikembangkan menjadi 4 zona. Zona A merupakan Technobiz Park yang terdiri atas Enterpreneurbiz Complex, Convention Center Complex, Stadium Complex, Design and Training Center Complex, Office Facilities, Mosque, Digital Industry, Biogas Plant, dan Biodiesel. Zona B merupakan Education & Research Facility yang terdiri atas Academic Complex (Faculty of Forestry), Research Complex, Common Lecture Hall, Science Center, dan Dormitrory. Zona C merupakan Agroforestry Area yang terdiri atas Arboretum Zone, Horticulture Zone, Animal Husbandry Zone, dan Oil Palm Seeding Zone. Zona D merupakan Water Reservoir & Recreational Facilities yang terdiri atas Water Reservoir dan Recreational Facilities.

Selain Kampus USU di Padang Bulan dan Kwala Bekala, Kampus USU di Tambunan A juga akan dikembangkan menjadi Pusiklat USU dan Pabrik Air Minum Dalam Kemasan. Dr-Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri selaku Ketua UMM USU menyatakan bahwa master plan yang sudah disusun oleh Wakil Rektor IV USU harus dapat dikawal oleh SPMI USU melalui Monitoring dan Evaluasi yang efektif sehingga pencapaian Renstra USU tergambar dengan jelas.

Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Sinkronisasi SPMI dan SPME dalam Perspektif Tonggak Pencapaian Renstra USU pada Tahun 2018” dilaksanakan oleh Unit Manajemen Mutu USU dalam rangka untuk memperkokoh budaya mutu di tingkat pimpinan Fakultas dan Biro lingkup USU.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *