Workshop Implementasi SPMI USU Siklus 12 Tahun 2019: Wakil Rektor I Apresiasi Keaktifan Peserta dari 154 Program Studi

MEDAN.UMMUSU – Wakil Rektor 1 USU, Prof. Dr. Ir. Rosmayati, MS, mengapresiasi atas kehadiran peserta dari awal hingga akhir acara dalam mengikuti kegiatan Workshop Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Sumatera Utara sebagai penguatan pelaksanaan Permenristekdikti Nomor 62 tahun 2016 untuk seluruh Gugus Janiman Mutu (GJM) dan Gugus Kendali Mutu (GKM) Akademik Siklus 12 Tahun 2019.

Kegiatan workshop Implementasi ini dilakukan selama 3 hari yaitu dari tanggal 13, 14 sampai 15 Mei 2019 yang dimulai dari pukul 09.00 wib sampai dengan pukul 13.00 wib bertempat diruang Senat Akademik lantai 3 Biro Pusat Administrasi Universitas Sumatera Utara (BPA USU).

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kealumnian, Prof. Dr. Ir. Rosmayati, MS mewakili Rektor Universitas Sumatera Utara memberikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan workshop ini secara resmi. Pembukaan workshop diawali dengan pengarahan langsung dari Wakil Rektor I, dalam pengarahannya, Wakil Rekor I USU mengingatkan betapa pentingnya kegiatan workshop ini bagi keberlanjutan  perjalanan USU untuk menjadi universitas yang menjadi barometer lembaga pendidikan tinggi yang bermutu dan mampu bersaing ditingkat global sesuai dengan visi dan misi USU. Workshop ini akan memaparkan  tentang kewajiban setiap universitas untuk menjalankan Sistem Penjaminan Mutu secara dinamis, masif dan secara berkelanjutan sesuai dengan tuntutan Permenristekdikti No 62 Tahun 2016.

Foto : Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. Rosmayati, MS (tengah kanan) memberikan pengarahan pada hari pertama workshop didampingi oleh ketua UMM USU Dr.-Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri (Kiri), Sekretaris UMM USU Dr. Alfan Gunawan Ahmad, S.Hut., M.Si. (kanan) dan Moderator Dr. dr. Isti Ilmiati Fujiati, M.Sc., CMFM, M.Pd, Ked (tengah kiri)

Foto : Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. Rosmayati, MS (tengah) memberikan pengarahan pada hari kedua workshop Implementasi didampingi oleh ketua UMM USU Dr.-Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri (Kiri), Sekretaris UMM USU Dr. Alfan Gunawan Ahmad, S.Hut., M.Si. (kanan)

Foto : Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. Rosmayati, MS (tengah kiri) memberikan pengarahan pada hari ketiga workshop Implementasi didampingi oleh ketua UMM USU Dr.-Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri (tengah Kiri kedua), Sekretaris UMM USU Dr. Alfan Gunawan Ahmad, S.Hut., M.Si. (kiri), Riyanto Sinaga, S.Si., M.Si. (tengah kanan), Nur Asnah Sitohang, S.Kep., Ns., M.Kep. (tengah kanan kedua), Farida Linda Sari Siregar, S.Kep., Ns., M.Kep. (kanan)

Tujuan workshop ini adalah GJM dan GKM memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang  pengelolaan Sistem penjaminan mutu pengelolaan program studi berdasarkan kebijakan terbaru Serta GJM dan GKM  mampu merancang dan mengimplementasikan sistem penjaminan mutu secara sistematik, berjenjang dan terintegrasi yang dapat mempercepat dan meningkatkan efektifitas pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik yang comply terhadap Permenristekdikti.

Workshop ini mengundang Penanggungjawab GJM dan GKM yang terdiri dari Dekan Fakultas/Direktur Pascasarjana, Ketua dan Anggota GJM Fakultas serta ketua dan Anggota GKM Program Studi dengan total keseluruhan peserta adalah 350 Orang. Hari pertama peserta yang diundang berasal dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Farmasi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Psikologi dengan persentase kehadiran 88,18 %, hari kedua peserta berasal dari Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Fakultas Kehutanan dengan persentase kehadiran 89,14 %,  hari ketiga peserta berasal dari Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Sekolah Pascasarjana dengan persentase kehadiran 90,16 %.

Foto : Foto bersama dengan Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. Rosmayati, MS (tengah) pada hari pertama workshop Implementasi. (foto lengkap dapat dilihat di galeri web site UMM USU).

Foto : Foto bersama dengan Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. Rosmayati, MS (tengah kanan) pada hari kedua workshop Implementasi. (foto lengkap dapat dilihat di galeri web site UMM USU).

Workshop implementasi ini menampilkan 5 Pemateri dan 2 Moderator dimana moderator hari pertama dan hari ketiga yaitu Dr. dr. Isti Ilmiati Fujiati, M.Sc., CMFM, M.PD. Ked selaku anggota divisi Penjaminan Mutu Monitoring dan Evaluasi (Monev), Audit Mutu Internal (AMI) dan Pengendalian sedangkan moderator hari kedua yaitu Prof. Dr. Pujiati, M.Si selaku anggota Divisi Penjaminan Mutu Keuangan, Sarana & Prasarana. Pemateri pertama yaitu Dr.-Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri selaku Ketua Unit Manajemen Mutu USU menyampaikan materi berjudul  Pengantar Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM DIKTI)  dan system Penjaminan Mutu Internal (SPMI) mematuhi (comply to) Permenristekdikti No. 62 Tahun 2016. Setelah itu materi kedua dilanjutkan dengan judul cara menyusun kebijakan dan manual SPMI oleh Riyanto Sinaga, S. Si., M.Si selaku anggota divisi Penjaminan Mutu Mahasiswa, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Luaran. Materi ketiga oleh Farida Linda Sari Siregar, S.Kep., Ns., M.Kep. selaku  Manajer Divisi Penjaminan Mutu Mahasiswa, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Luaran yaitu cara menyusun standar dan formulir SPMI. Workshop Implementasi ini dilanjutkan dengan Materi keempat berjudul Audit Mutu Internal (AMI) dan Rencana Tindak Lanjut (RTL) oleh Nur Asnah Sitohang, S.Kep., Ns., M.Kep selaku Manajer Divisi Penjaminan Mutu Monitoring dan Evaluasi (Monev), Audit Mutu Internal (AMI) dan Pengendalian. Materi kelima yang diterangkan oleh Dedy Arisandi, ST., M.Kom. selaku Manajer Divisi Penjaminan Mutu Pangkalan Data dan Sistem Informasi (PDSI) berjudul Website Unit Manajemen Mutu (UMM) USU dan Aplikasinya. Pemateri terakhir dalam workshop ini adalah Dr. Drs. Jonner Hasugian, M.Si selaku Manajer Divisi Penjaminan Mutu Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, Dr. Drs. Jonner Hasugian, M.Si memberikan penjelasan tentang cara menyusun akreditasi dengan 9 kriteria.

Foto : Pemateri pertama yaitu Dr.-Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri selaku Ketua Unit Manajemen Mutu USU (kiri) menyampaikan materi berjudul  Pengantar Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM DIKTI)  dan system Penjaminan Mutu Internal (SPMI) mematuhi (comply to) Permenristekdikti No. 62 Tahun 2016 didampingi oleh moderator Dr. dr. Isti Ilmiati Fujiati, M.Sc., CMFM, M.PD. Ked (kanan).

Foto : pemateri 1 Dr.-Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri (tengah kiri), pemateri 2 Riyanto Sinaga, S. Si., M.Si (kanan), pemateri 3 Farida Linda Sari Siregar, S.Kep., Ns., M.Kep. (tengah 1 kanan),  pemateri 4 Nur Asnah Sitohang, S.Kep., Ns., M.Kep (tengah kanan), pemateri 5 Dr. Drs. Jonner Hasugian, M.Si (kiri) dan moderator Dr. dr. Isti Ilmiati Fujiati, M.Sc., CMFM, M.PD. Ked (tengah 1 kiri) saat sesi diskusi pada hari pertama.

Foto : pemateri 2 Riyanto Sinaga, S. Si., M.Si (tengah), pemateri 3 Farida Linda Sari Siregar, S.Kep., Ns., M.Kep. (kanan),  pemateri 4 Nur Asnah Sitohang, S.Kep., Ns., M.Kep (tengah kanan), Pemateri 6 Dedy Arisandi, ST., M.Kom. (kiri) dan Luthfi Aziz Mahmud Siregar, SP., M.Sc.,Ph.D. (tengah kiri) saat sesi diskusi pada hari ketiga.

Workshop Implementasi ini ditutup dengan peserta mengerjakan Post test untuk mengukur pengetahuan tentang SPMI di USU comply terhadap Permenristekdikti serta apabila peserta memperoleh nilai post test yang baik merupakan bukti telah mengikuti workshop ini dengan tingkat pemahaman tertentu, dimana selanjutnya akan menjadi salah satu syarat untuk menjadi Auditor USU setelah lulus sertifikasi internal auditor mutu untuk kegiatan Audit Mutu Internal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *